Selasa, 15 November 2016

Paul F. Lazarsfeld

Profil Singkat

Lazarsfeld lahir dan menghabiskan tiga puluh tahun pertama hidupnya di Wina. Lazarsfeld melihat ayahnya sebagai pengacara yang sangat miskin dan tidak sukses. Kehidupan Lazarsfeld merupakan perpaduan antara dunia akademik dan bisnis. Ibunya tidak memiliki pendidikan formal, tetapi dikenal sebagai penulis buku How the woman Experiences the Male yang terbit di Eropa tahun 1931. Lazarsfeld memperoleh bekal pendidikan yang memadai sebagaimana tipikal anak-anak kalangan menengah di Wina. Pada tahun 1925, dalam usia 24 tahun, Lazarsfeld memperoleh gelar doktor dalam matematika terapan dari Universitas Wina. Lazarsfeld merupakan salah seorang pemikir dan ahli ilmu sosial eropa yang muncul pada awal PD II. Dia menyebut dirinya sebagai positivis eropa. Lazarsfeld dikenal dengan lembaganya The Bureau of Applied Social Research yang banyak melakukan penelitian tentang radio dan surat kabar.


Dia mendapat bantuan dana dari kalangan pengusaha industri media yang memesan penelitian untuk mengaji efektivitas isi pesan media.

Lazarsfeld merupakan seorang perintis dalam penelitian survei yang menyarankan 3 persyaratan tentang desain dan pemikiran penelitian, yaitu:

Penyebab harus mendahului dampak pada waktunya
Variabel harus secara empiris berhubungan satu sama lain
Desain harus membuat pasti hubungan sebab-akibat.
Yang menonjol dari fenomena Lazarsfeld adalah terjadinya pergeseran orientasi dalam studi komunikasi pada kajian tentang dampak media. hasil penelitian Lazarsfeld menunjukkan terdapatnya efek yang minimal dari media massa.

Lazarsfeld tidak begitu akrab dengan teori kritis sekalipun ia adalah anggota Frankfurt School. Pada sisi lain, kedekatan Lazarsfeld dengan Universitas Columbia telah memperkenalkannya pada karya-karya teoritikus Robert K. Merton dan selanjutnya bekerjasama dalam kajian komunikasi massa dan studi komunitas yang menjadi bagian integral dari struktural fungsional Universitas Columbia. Dia mengupayakan keahlian ilmu sosial yang ilmiah dan pendekatan baru pada peran komunikasi di masyarakat Amerika.

Dalam serangkaian studi yang dimulai dengan The People’s Choice, Lazarsfeld membangun sebuah metodologi yang menekankan pada studi panel dan sosiometri. Paradigma personal influence yang pertama kali disebut oleh Lazarsfeld dan Elihu Katz merupakan kritik terhadap Hypodermic Needle Theory yang memercayai pengaruh media sangat kuat. Lazarsfeld memercayai adanya 4 hal dalam proses pembuatan keputusan sehari-hari, yaitu pemasaran, busana, kejadian publik, dan kebiasaan pergi ke bioskop.

Karya penting Lazarsfeld, The Personal Influence, yang diterbitkan tahun 1955 didasarkan pada data penelitian tahun 1945. Studi two step flow of communication dalam The Peopl’s Choice yang diterbitkan tahun 1948 merupakan hasil penelitian tahun 1941. Fokus penelitian pertama ini adalah pada faktor-faktor yang memengaruhi tingkah laku memilih dan penemuan Lazarsfeld menyatakan bahwa media massa memainkan peran yang kecil dalam proses perubahan sikapdan opini. Justru yang paling memengaruhi perubahan sikap dan opini tersebut adalah yang ada dalam kelompok utama.

Pada tahun 1945 (awal era nuklir dan jajak pendapat) Lazarsfeld mengamati bahwa bentuk organisasi sosial yang seharusnya disesuaikan dengan penemuan apapun yang sedang dibuat.dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan tertutup yang dapat digali oleh peneliti sosial, Lazarsfeld dan perusahaan yang membiayai menyempitkan perhatian pada dampak media. Para peneliti ini membawa pada komunikasi dua tahap dan sebuah Model Personal Influenceyang menyatakan bahwa media massa tidak sebagai kekuatan dominan dan utama, tetapi beroperasi di dalam komunikasi interpersonal dan sejumlah pengaruh sosialisasi.

Karya-karya Paul F. Lazarsfeld

Radio and the Printed Page: an Introduction to the Study of Radio and Its Role in the Communication of Ideas (1940)
Remarks on Administrative and Critical Communication Research dalamStudies in Philosophy and Social Science 9 (1941)
Mathematical Thinking in the Social Science (1954)
Bersama Bernard Berelson dan Hazel Gaudet, The People’s Choice: How the Voter Makes Up His Mind in a Presidental Campaign (1944/1948/1968)
Bersama Elihu Katz, The Personal Influence (1955)

An Episode in the History of Social Research: a Memoir (1962)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar