Selasa, 15 November 2016

Harold D. Laswell

Profil Singkat


Laswell lahir di Donnelson, Illinois. Ayahnya seorang menteri dan ibunya seorang guru SMU. Laswell memiliki minat baca yang luas. Pamannya yang seorang dokter pernah memberi dia sebuah buku dari perkuliahan Freud pada tahun 1909 di Clark University. Buku ini besar pengaruhnya terhadap minat Laswell dalam memakai pendekatan psikoanalisis dalam mengkaji peran kepribadian dalam politik. Sejak di SMU Laswell telah menjadi redaktur surat kabar sekolah.Potensi akademisnya mengantarkannya memperoleh beasiswa belajar di Universitas Chicago dan mengambil ilmu ekonomi.Di tahun 1992 Laswell mangambil program doktor untuk ilmu politik. Dalam konteks kajian ilmu komunikasi, Laswell tidak pernah menyebut diri sebagai ilmuwan ilmu komunikasi, tetapi kita berutang pada Laswell karena pemikiran dan tulisan-tulisannya banyak dijadikan rujukan dalam kajian ilmu komunikasi. Laswell mengkaji pembentukan opini publik, peran pemimpin politik, dan analisis isi media massa. Laswell kemudian mengajarkan kursus tentang propaganda dan opini publik di Universitas Chicago. Sekarang kita kenal juga dengan kajian komunikasi massa. Laswell berkenalan dengan ilmu komuniaksi melalui pertemuan rutin yang diadakan di kantor pemerintah fedral dan kantor pemerintah AS dalam rangka menghadapi PD II. Laswell sebagaimana akademisi dari berbagai disiplin ilmu sosial lain, seperti rombongan imigran dari Eropa (Lewin, Lazarsfeld, Hovland), terlibat aktif membicarakan peran komunikasi dalam rangka membangkitkan kesadaran publik Amerika dalam menghadapi ancaman PD II. Teori Laswell yang sangat dikenal adalah model komunikasi Who-Says What-in Which Channel-to Whom-with What Effect. Model ini pertama kali dipublikasikan dalam sebuah laporan dari Rockfeller Foundation Communication Seminar pada 1 November 1940. Yang dilakukan Laswell menyangkut propaganda adalah membuat metode penelitian komunikasi yang dikenal sebagai content analysis atau analisis isi. Salah satu karya Laswell yang penting adalah tiga jilid buku Propaganda and Communication in World History. Ini merupakan sebuah karya penting dalam perjalanan karier akademiknya yang panjang. Laswell sering dikelompokkan sebagai the forerunner of the field of communication yang berasal dari Universitas Chicago. Maksudnya mereka yang mengkaji komunikasi, tetapi kemudian kembali ke disiplin awalnya. Laswell kembali ke dasar ilmunya di ilmu politik.

MODEL KOMUNIKASI LASSWELL

Teori komunikasi Harold Lasswell merupakan teori komunikasi awal (1948). Lasswell menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi adalah menjawab pertanyaan : Who, Says What, In Which Channel, To Whom, With What Effect (Siapa Mengatakan Apa Melalui Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Efek Apa). Jawaban bagi pertanyaan paradigmatik (paradigmatic question) Lasswell itu merupakan unsur-unsur proses komunikasi, yaitu Communicator (Komunikator), Message (Pesan), Media (Media), Receiver (Komunikan/Penerima), dan Effect (Efek). Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan (penerima) dari komunikator (sumber) melalui saluran-saluran tertentu baik secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/effect kepada komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator. Yang memenuhi 5 unsur who, says what, in which channel, to whom, with what effect.


BAGAN PROSES KOMUNIKASI
  1. Who (siapa/sumber) 
Who dapat diartikan sebagai sumber atau komunikator yaitu, pelaku utama atau pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi dan yang memulai suatu komunikasi, bisa seorang individu,kelompok,organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator. Pihak tersebut bisa seorang individu, kelompok, organisasi, maupun suatu Negara sebagai komunikator.
  1. Says what (pesan)
Says menjelaskan apa yang akan disampaikan atau dikomunikasikan kepada komunikan (penerima), dari komunikator (sumber) atau isi informasi. Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan),dari sumber(komunikator)atau isi informasi.Merupakan seperangkat symbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/organisasi pesan.
  1. In which channel (saluran/media)
Saluran/media adalah suatu alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka) maupun tidak langsung (melalu media cetak/elektronik).
  1. To whom (siapa/penerima)
Sesorang yang menerima siapa bisa berupa suatu kelompok, individu, organisasi atau suatu Negara yang menerima pesan dari sumber.Hal tersebut dapat disebut tujuan (destination), pendengar (listener), khalayak (audience), komunikan, penafsir, penyandi balik (decoder).
  1. With what effect (dampak/efek)
Dampak atau efek yang terjadi pada komunikan (penerima) seteleh menerima pesan dari sumber seperti perubahan sikap dan bertambahnya pengetahuan.
Paradigma komunikasi Lasswell mengisyaratkan:
Komunikasi harus memiliki efek, yakni terjadinya perubahan perilaku audience, adalah :

  • Terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan (kognitif)
  • Terjadinya perubahan pada tingkat emosi/perasaan (afektif)
  • Terjadinya perubahan pada tingkat tingkah laku (psikomotor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar