Selasa, 15 November 2016

Melvin l. defleur

Profil Singkat

DeFleur menerima gelar Ph.D. dalam psikologi sosial dari Universitas Washington pada tahun 1954. Tesisnya, studi eksperimental hubungan stimulus respon dalam komunikasi leaflet, ditarik dari sosiologi, psikologi, dan komunikasi, untuk mempelajari bagaimana informasi disebarkan melalui masyarakat Amerika.

Dia telah mengajar di Indiana University (1954-1963), University of Kentucky (1963-1967), Washington State University  (1967-1976), University of New Mexico (1976-1980), University of Miami (1981-1985 ), Syracuse University (1987-1994) dan University of Washington sebelum mengambil posisi saat ini sebagai profesor komunikasi di Boston University Departemen komunikasi Massa, Periklanan dan Hubungan Masyarakat. Selain itu, ia adalah seorang Profesor Fulbright untuk Argentina dua kali dan berafiliasi dengan Argentina Sociological Society dan Ibero-Interamerican sosiologis Society, yang ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Teori Melvin De Fleur
Teori ini menggambarkan teori komunikasi antar pribadi yang merupakan perluasan dari model-model Shannon dan Weaver, dengan cara memasukan perangkat media massa dan perangkat umpan balik. Sumber (source), pemancar (transmitter), penerima (receiver) dan sasaran (destination) sebagai fase-fase terpisah dalam proses komunikasi massa.

Teori De Fleur terhadap Hubungan Sosial :
Menurut De Fleur, hubungan sosial secara informal berperan penting dalam merubah perilaku seseorang ketika diterpa pesan komunikasi massa. Pesan disampaikan melalui perantara (tidak langsung) atau opinion leader. Opinion leader adalah orang yang secara informal dapat mempengaruhi tindakan atau sikap orang lain, baik bagi mereka yang sedang mencari informasi (opinion seeker) atau yang sekedar menerima informasi (opinion recipient). Padahal pesan-pesan komunikasi massa lebih banyak diterima individu lewat hubungan personal dibanding langsung dari media massa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar