Minggu, 14 Oktober 2018

Menulis Press Release

Temukan sudut anda
Setiap berita baik memiliki sudut. Sudut pandang adalah perspektif yang akan diambil oleh cerita anda. 

Beberapa sudut yang umum adalah:

Dampak lokal. Bagaimana kisah anda memengaruhi komunitas lokal?
Konflik. Apakah siaran pers anda memberi sisi lain konflik?
Kemajuan. Apakah siaran pers anda menyoroti kemajuan yang dibuat untuk masalah tertentu?
Drama. Apakah siaran pers anda membangkitkan respons emosional bagi pembaca?
Saat membangun sudut Anda, ingat 5 W:
Siapa cerita ini? (WHO)
Apa yang terjadi? (WHAT)
Di mana itu terjadi? (WHERE)
Kapan itu terjadi? (WHEN)
Mengapa ini penting? (WHY)

Tulis judul anda
Judul anda harus menarik perhatian audiens anda. Itu bisa termasuk reporter, editor, mitra bisnis, atau khalayak umum.

Tuliskan "LEAD" anda
"LEAD" siaran pers anda adalah paragraf pertama yang muncul di bawah poin ringkasan anda.
Informasi paling penting harus ada di paragraf pertama ini, termasuk:

Sudut atau kail. Inilah yang akan membuat audiens anda tertarik.
5 W (sebanyak relevan). Ini adalah praktik terbaik tua, tapi itu akan memastikan rilis anda informatif.
Alasan seorang reporter atau editor untuk peduli. Mereka mendapat banyak kiriman setiap hari. Tempatkan mereka terlebih dahulu, dan hanya mengirim sesuatu yang akan mereka minati.

Tulis 2 - 5 paragraf isi yang kuat dengan detail pendukung
Beberapa paragraf berikutnya harus menceritakan kisah lengkapnya (dengan cara yang ringkas). Detail pendukung yang paling penting harus dimasukkan. Setiap paragraf harus ringkas.

Masukkan kutipan

Kutipan tidak harus rumit. Bahkan, ada tiga hal yang dapat anda lakukan untuk memastikan bahwa anda memiliki kutipan yang sempurna dalam siaran pers Anda:

Apa tujuan dari penawaran ini? Apakah itu membantu menceritakan kisah siaran pers anda?
Terdengar seperti orang yang anda tuliskan kutipan nya. Jangan menggunakan kata-kata elegan yang besar jika orang yang anda tuliskan kutipan anda tidak.
Selalu mengaitkan tanda kutip anda. Beri tahu mereka siapa yang mengatakan apa dan mengapa.

Masukkan informasi kontak

Orang-orang yang membaca siaran pers anda perlu tahu siapa yang harus dihubungi untuk informasi lebih lanjut. Sertakan informasi berikut:

Titik kontak (Ini harus menjadi nama dan jabatan untuk siapa yang harus dihubungi.)
Alamat email
Nomor telepon
Anda mungkin juga menyertakan alamat surat.

Masukkan "BOILER PLATE"

Boiler akan muncul di setiap rilis yang Anda kirim. Sertakan informasi berikut:

Nama organisasi anda
Pernyataan misi anda.
Tanggal pendirian.
Ukuran perusahaan.
Pernyataan singkat tentang apa yang dilakukan organisasi anda hari ini untuk memenuhi gagasan dalam pernyataan misi anda.

Credit: https://coschedule.com/blog/how-to-write-press-releases-examples-templates/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar